Senin, 29 Juni 2020

Istilah Bisnis yang Berpengaruh Kepada Perkembangan Bisnis

Istilah Bisnis yang Berpengaruh Kepada Perkembangan Bisnis - Menjadi pebisnis atau orang yang menggeluti dunia bisnis bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal berkaitan dengan dunia bisnis yang harus dipelajari. Salah satu hal yang sangat penting bagi pebisnis pemula khususnya adalah memahami apa saja istilah yang terdapat dalam dunia bisnis. Karena istilah-istilah yang ada tersebut sangat penting dalam memajukan suatu bisnis.

Foto oleh Dương Nhân dari Pexels
Istilah Bisnis yang Berpengaruh Kepada Perkembangan Bisnis

Banyak orang yang masih belum memahami dengan baik tentang apa saja istilah penting dalam dunia bisnis. Karena itu, pada kesempatan ini akan diulas mengenai apa saja istilah-istilah di dunia bisnis tersebut.

Brand

Brand maknanya sama dengan merk. Brand dapat diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan tanda, simbol, nama, desain, simbol, kata dan lain sebagainya. Tujuan adanya brand dalam sebuah bisnis adalah untuk membedakan antara satu bisnis dengan bisnis yang lainnya. Posisi brand pada perusahaan sendiri sangatlah penting.

Branding

Adapun branding adalah suatu kegiatan menciptakan simbol atau nama. Dimana nama tersebut nantinya akan menjadi identitas dari sebuah bisnis. Hal ini akan membedakan jasa atau produk Anda dengan yang lain. Proses branding akan menguatkan produk brand Anda di tengah konsumen atau masyarakat.

Entrepreneur

Sebenarnya, istilah ini berasal dari bahasa Inggris yang bermakna wirausahawan. Istilah ini merujuk kepada orang yang membawa perubahan, ide, aturan baru dan inovasi bisnis yang tengah dijalankan. Sehingga, seorang entrepreneur harus kreatif dan berani mengambil risiko dari bisnis yang tengah dijalankan.

Investasi

Istilah dalam bisnis lainnya adalah investasi. Makna dari investasi adalah penanaman modal usaha atau uang dari seseorang kepada perusahaan atau proyek tertentu. Tujuan dari kegiatan investasi ini adalah agar memperoleh keuntungan. Khususnya keuntungan di masa yang akan datang.

Komoditas

Komoditas merupakan suatu benda nyata yang bersifat mudah diperjualbelikan. Selain itu, benda tersebut dapat disimpan di tempat tertentu dan diserahkan dalam bentuk fisik. Dan yang paling penting adalah dapat ditukar dengan produk lainnya yang mempunyai jenis sama.

Saham

Berikutnya adalah saham yang merupakan suatu pembukuan atau nilai dalam beragam instrument keuangan yang menjadi bagian kepemilikan perusahaan tertentu. Saham dapat juga diartikan surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan atas perusahaan.

Omset

Istilah lain dalam bisnis adalah omset yang kerap disebut dengan pendapatan kotor. Omset di sini adalah semua jumlah uang hasil penjualan produk di waktu tertentu. Sesudah itu, dikurangi dengan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Expense seperti biaya untuk memasang iklan, gaji, tagihan listrik dan sebagainya.

Profit

Adapun istilah profit dapat diartikan dengan jumlah semua uang yang diperoleh dari penjualan produk. Hitungannya adalah jangka waktu tertentu. Jumlah tersebut sudah dikurangi dengan biaya Expense dan HPP. Akan tetapi, makna profit atau laba di sini masih sebatas tulisan di atas kertas. Sehingga, masih kemungkinan mengalami perubahan.

Retail

Yang dimaksud dengan retail dalam dunia bisnis adalah eceran. Lebih jelasnya, retail merupakan sebuah cara pemasaran suatu produk tertentu yang mencakup keseluruhan kegiatan yang melibatkan penjualan barang. Dimana penjualan barang tersebut dilakukan secara langsung kepada pembeli yang merupakan pengguna produk.

Prospek

Selain beberapa istilah yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi istilah lain di dunia bisnis seperti prospek. Arti dari prospek adalah sesuatu yang kemungkinan besar terjadi sehingga akan dapat memicu dampak tertentu. Sehingga, dalam dunia bisnis ada istilah prospek bisnis yang artinya adalah potensi keuntungan yang cukup besar dalam dunia bisnis.

Startup

Berikutnya adalah startup yang merupakan suatu bisnis yang baru saja dijalankan atau dirintis oleh seseorang. Di samping itu, startup juga dapat dimaknai sebagai sebuah perusahaan yang statusnya masih baru atau belum lama berdiri.

Distributor

Adapun distributor dalam dunia bisnis adalah perusahaan atau perseorangan yang membeli suatu produk. Dimana produk tersebut dibeli dari produsen untuk nantinya dijual kembali kepada toko retail ataupun yang dikenal dengan pengecer.

Digital Marketing

Selain itu, dalam dunia bisnis ada juga istilah digital marketing atau pemasaran digital. Ini merupakan sebuah kegiatan menawarkan dan mempromosikan brand atau merk produk dengan memanfaatkan instrumen media digital. Tujuan dari upaya pemasaran ini adalah agar produsen dapat dengan mudah menjangkau konsumen di berbagai kawasan.

Dropship

Adapun yang dimaksud dengan dropship adalah sebuah kegiatan menjual produk dengan jalan online. Namun, penjual tersebut tidak memiliki barang yang ia tawarkan. Sehingga, banyak yang menilai dropship ini sebagai bisnis nonmodal.

Reseller

Dalam dunia bisnis modern, ada istilah reseller yang artinya adalah kegiatan menjual kembali produk atau barang dari pihak lainnya. Namun, orang yang menjadi reseller diharuskan untuk membeli produk sebagai stok terlebih dahulu kepada suplier.

Testimoni

Istilah lainnya dalam dunia bisnis yang saat ini sedang hits adalah testimoni. Makna dari testimoni adalah suatu kesan dan juga pesan yang berasal dari pelanggan. Tujuan dari adanya testimoni adalah agar bisa meyakinkan pelanggan atau calon pembeli yang lain sehingga mereka menjadi tertarik membeli produk Anda.

Istilah dalam dunia bisnis tidak akan pernah habis untuk dibahas. Karena bisnis berhubungan dengan banyak hal di dunia ini. Sehingga, sangat penting bagi para pebisnis menguasai semua istilah yang ada. Terlebih untuk kriteria bisnis kekinian yang serba online dan digital.

Thanks for reading Istilah Bisnis yang Berpengaruh Kepada Perkembangan Bisnis

Previous
« Prev Post