Senin, 29 Juni 2020

Peluang Usaha / Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang Usaha / Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga -Menjadi ibu rumah tangga yang tinggal setiap hari dirumah tentu akan sangat membosankan jika tidak bisa melakukan apapun selain bersih-bersih rumah, nyatanya banyak ibu rumah tangga yang mencoba mencari penghasilan tambahan dengan membuka beberapa usaha atau bisnis modal kecil tetapi mampu menghasilkan uang tambahan yang bisa dipakai untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Mungkin hal seperti ini dianggap sesuatu yang mustahil karena tidak jarang mereka ibu-ibu yang membuka usaha selalu gagal ditengah jalan, nah siapa tahu kalau anda menerapkan cara dari kami ini bisa sedikit lebih paham seperti apa membuka usaha dirumah yang menjanjikan dan menguntungkan kedepannya. Mari simak ulasannya dibawah ini.

Peluang Usaha / Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Bisa dikatakan kalau membuka usaha di rumah ini cukup sepele, tetapi dalam praktekknya begitu sulit untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen yang mau membeli atau order jasa kita. Karena itu, dibutuhkan konsistensi dan usaha keras dari diri anda sebagai ibu rumah tangga yang bisa mencari penghasilan tambahan untuk membantu suami. Cara-cara dibawah ini sudah banyak diterapkan oleh sebagian besar ibu-ibu di Indonesia dan anda bisa mengikutinya dengan mencoba beberapa peluang usaha yang tidak memakan waktu banyak.

Contoh Peluang Usaha / Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Banyak bisnis yang bisa anda jalankan dirumah, beberapa bisnis memang membutuhkan modal tapi ada juga yang tidak membutuhkan modal sama sekali, tergantung juga dengan skill dan pengalaman anda.

Bisnis tanaman / Sayuran

Salah satu usaha yang bisa anda lakukan dirumah adalah bisnis tanaman, ini ada macamnya mulai dari tanaman hias hingga tanaman yang bisa dijadikan sayur mayur. Contoh untuk tanaman hias bisa pakai pot seperti kaktus, bunga kertas dan lain-lainnya.

Sedangkan untuk tanaman yang bisa dijadikan sayuran contoh cabai, terong, tomat, sayur kangkung dan lain-lain. Bisnis seperti ini sebenarnya cukup jarang dilakukan oleh ibu-ibu karena dibutuhkan ketelitian, Kerajinan dan mau merawat setiap harinya. Nah, penghasilan yang didapatkan dari bisnis tanaman hias dan sayuran juga tergantung minat beli masyarakat di daerah tersebut.

Contoh anda menjual 1 pot tanaman kaktus sebesar 20 ribu x 10 pot, sudah mengantongi 200 ribu tinggal kurangi saja modal untuk pot dan perawatannya. Kalau yang lebih untung lagi ya tanaman sayuran karena tidak membutuhkan pot, cukup memakai lahan kosong di belakang rumah saja.

Bisnis warung kopi

Bisnis kedua yang bisa anda lakukan adalah membuka warung kopi yang saat ini banyak dibuka oleh ibu-ibu di komplek perumahan. Bisnis warung kopi ini bisa anda lakukan di depan rumah baik pakai ruko atau hanya lemari etalse saja. Sediaan makanan yang bisa anda jual cukup beragam mulai dari minuman kopi, gorengan dipagi hari dan beberapa jenis makanan lainnya.

Nah, untuk modalnya sendiri bisa diperhitungkan, sebagai contoh untuk meja elatase dari kaca itu 700 ribu sudah dapat ukuran besar, tambahan meja dan kursi untuk pelanggan anda, dan modal untuk bahan makanan dan minuman yang dijual nantinya. Bisnis ini cukup menguntungkan kalau di area kompleks rumah anda banyak anak sekolah atau orang berangkat kerja setiap harinya. Silahkan saja dicoba, meski membutuhkan modal yang lebih banyak, tapi keuntungannya juga lumayan untuk mencukupi kebutuhans sehari-hari.

Jadi penulis lepas

Bagi anda ibu-ibu yang paham akan dunia internet jauh lebih mudah lagi untuk membuka membuka usaha yang bisa dijalankan dirumah. Salah satu caranya adalah menjadi penulis lepas di website terkenal seperti sribulancer contohnya, nah usaha seperti ini banyak dijalani oleh ibu rumah tangga yang masih muda karena terkadang ibu-ibu muda masih aktif dan inovatif untuk menulis konten artikel berkualitas baik.

Nah, manfaatkan keahlian anda untuk menjadi penulis lepas, sebagai contoh saja untuk setiap kali anda menulis artikel ( 10 artikel x 10.000 ) yang artinya anda bisa mendapatkan uang 100.000 – biaya internet dan lain-lain. Ini masih perhitungan kasar, kalau anda konsisten untuk menulis maka bisa mendapatkan banyak keuntungan. Selain menjadi penulis lepas, anda bisa menjadi seorang blogger yang menulis di blog pribadi tentang skill anda seperti skill memasak, skill menggambar dan hal lainnya yang bisa anda lakukan dirumah.

Membuka usaha katering makanan

Usaha katering makanan ini sudah cukup umum dijalankan banyak ibu-ibu rumah tangga karena pada dasarnya mampu memberikan keuntungan yang besar. Katering makanan yang kami maksud ini cukup beragam mulai dari katering makanan berupa kue atau makanan berat. Buka juga katering untuk partai besar seperti acara-acara ulang tahun, khitanan dan syukuran tertentu.

Harga per katering ini juga disesuaikan dengan bahan makanan yang anda pakai, contoh kalau memakai 1 ayam + sayuran + nasi + toping dll biasanya diberi harga Rp. 15.000 – Rp. 20.000 tergantung dari jenis ayam dan cara pengelolahannya. Semakin banyak orderan yang anda terima maka semakin besar juga keuntungan yang bisa didapatkan.

Cara promosi untuk bisnis katering ini cukup mudah, pertama bisa memasang banner di depan rumah dengan tulisa menerima katering makanan dan via online atau pemasaran lewat media online. Intergrasikan juga dengan beberapa fitur Gofood untuk mendapatkan banyak pelanggan secara online, karena jelas fitur ini cukup berguna untuk pelaku usaha UKMK rumahan.

Membuat kerajinan tangan

Ada banyak sekali usaha atau bisnis yang dijalankan oleh ibu rumah tangga, mulai dari katering, jual tanaman dan lain sebagainya. Nah salah satu usaha yang bisa anda lakukan adalah membuat kerajinan tangan seperti gantungan kunci dari kain yang dibentuk menyerupai boneka kecil lengkap dengan kawat untuk gantungan kunci.

Kerajinan seperti jelas akan laris manis kalau bentuknya sendiri unik dan lucu. Pemasarannya cukup lewat website online seperti Lazada, Tokopedia atau Shopee. Sedangkan untuk penjualan offline bisa lewat toko-toko buku, toko aksesoris dan lain sebagainya. Jual dengan harga grosiran, jadi pemilik toko berani mengambil dalam jumlah banyak.

Buka jasa jahitan

Membuka jasa jahit untuk saat ini sangat populer di kalangan ibu-ibu, banyak dari mereka yang membutuhkan pakaian yang pas sesuai dengan postur tubuh sehingga dapat tampil percaya diri. Beberapa hari besar seperti idul fitri dan natal menjadi hari paling menguntungkan para penjahit pakaian karena jelas banyak masyarakat yang ingin membuat baju untuk keluarga mereka.

Sekian informasi dari kami mengenai peluang usaha menajanjikan untuk ibu rumah tangga dengan modal maupun tanpa modal sama sekali. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua terutama untuk anda yang ingin mencari penghasilan sampingan demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Terimakasih.

Thanks for reading Peluang Usaha / Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Previous
« Prev Post